A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/index.php
Line: 315
Function: require_once

Bukan Untuk Menikahkan Pelajar, KUA Balikpapan Utara Kunjungi Skada Sinergi Kampanyekan Konsep Remaja Berkarakter | SMK Negeri 2 Balikpapan

SMK Negeri 2 Balikpapan

Jl. Soekarno Hatta Gn. Samarinda Balikpapan

"Tiada Hari Tanpa Prestasi"

Bukan Untuk Menikahkan Pelajar, KUA Balikpapan Utara Kunjungi Skada Sinergi Kampanyekan Konsep Remaja Berkarakter

Rabu, 14 September 2022 ~ Oleh kesiswaan ~ Dilihat 233 Kali

SMKN 2 Balikpapan mendapat kunjungan dari Tim Penyuluh Kantor Urusan Agama (KUA) Balikpapan Utara dalam satu sinergi program berupa Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) pada Rabu, 14 September 2022.

 

Selama ini pandangan umum masyarakat mengidentikkan KUA dengan program pembinaan keluarga atau urusan pernikahan. Berbeda untuk kali ini, tim penyuluh KUA ikut ambil peran melakukan edukasi kepada remaja di jenjang SMA/ SMK agar melestarikan pergaulan yang sehat, bertanggung jawab serta mencegah terjadinya perkawinan di usia anak.

 

Bapak Ahmadi dalam sambutannya meyampaikan rasa terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memfasilitasi dengan baik program BRUS di SMKN 2 Balikpapan.

 

“Program di SMKN 2 Balikpapan adalah angkatan ke 11 dan 12 dari rangkaian kunjungan kami ke SMA/ SMK/ SLTA yang ada di Kota Balikpapan. Kami berterima kasih sekali karena pihak sekolah menyambut baik kegiatan yang akan dilaksanakan selama 8 jam. Tim kami sudah menyiapkan simulasi permainan dalam sesi materi agar peserta dapat mengikuti penyuluhan dengan gembira” tambah penjelasan Bapak Ahmadi dalam sambutannya.

 

 

Didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Bapak Didi Purnomo dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Bapak H Sunaryo acara seremoni pembukan berlangsung dengan lancar. Dalam sambutannya, Bapak Didi Purnomo meyampaikan rasa terima kasih karena Tim Penyuluh KUA Balikpapan Utara menjadikan Skada sebagai salah satu wilayah binaan.

 

“kami sangat berterima kasih bisa bersinergi dengan program BRUS dari KUA Balikpapan Utara karena yang akan disampaikan satu misi dengan program sekolah. Materi tentang pencegahan pernikahan pada usia anak di Skada biasa dikampanyekan oleh kegiatan ekstra kurikuler PIK-R. Kehadiran Tim dari KUA menambah portopolio kegiatan kami guna mempertahankan trend baik selama meyandang sebagai juara 1 tingkat provinsi untuk PIK-R tergiat di Kalimantan Timur” begitu tambahan penjelasan Pa Didi Purnomo dalam sambutan yang diamini peserta dengan tepuk tangan mereka di sesi pembukaan.

 

Ada dua materi utama yang disampaikan oleh Tim penyuluh BRUS yaitu konsep remaja sehat dan manajemen diri. Selama kegiatan berlangsung, partisipasi siswa dalam pemaparan materi terlihat antusias. Selingan-selingan yel-yel maupun simulasi permainan dapat dikuti dengan penuh semangat oleh para peserta yang berjumlah 30 untuk setiap kelasnya.

 

 

Peserta memberikan komentar positif ketika tim jurnalis sekolah menanyakan keasikan selama mengikuti kegiatan. “saya senang dengan kegiatan ini, jadi tau kalau menikah di usia anak itu tidak baik bagi keturunan yang dilahirkan” ungkap Adibah.

 

Nafisah Nur Hasanah dari kelas angkatan 11 pun mengugkapkan hal senada, “senang bisa ikut kegiatan ini karena ada materi manajemen diri yang memberi wawasan kepada saya tentang hal prioritas yang dilakukan dalam perencanan kehidupan remaja”. “Ga senangnya ada juga sih, kenapa cuma sehari” canda Nur Hasanah di akhir sesi wawancara.

 

Total ada dua kelas yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Di akhir acara, mereka melengkapi kegiatan dengan pengisian intrumen post tes. Kesigapan panita dari Tim penyuluh melengkapi acara yang dikemas dengan menarik ini dengan pemberian sertifikat kepesertaan di akhir acara.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT