A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/index.php
Line: 315
Function: require_once

Implementasi Demokrasi Sekolah, OSIS-MPK Skada Gelar Pemilos | SMK Negeri 2 Balikpapan

SMK Negeri 2 Balikpapan

Jl. Soekarno Hatta Gn. Samarinda Balikpapan

"Tiada Hari Tanpa Prestasi"

Implementasi Demokrasi Sekolah, OSIS-MPK Skada Gelar Pemilos

Kamis, 03 Nopember 2022 ~ Oleh kesiswaan ~ Dilihat 267 Kali

Kamis (3/11/2022) OSIS SMK Negeri 2 Balikpapan menyelenggarakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMK Negeri 2 Balikpapan periode tahun 2022/2023 untuk menggantikan masa kepengurusan ketua OSIS yang lama. Proses pemilihan ketua dan wakil OSIS dilaksananan di aula dan ruang RPS RPL dari jam 08:00 sampai 14:00.

Pada kali ini proses pemilihan berbeda dengan tahun sebelumnya. Secara pertahap siswa siswi bergiliran sesuai kelasnya untuk hadir memberikan suara memilih ketua dan wakil OSIS baru.

Ketua dan wakil OSIS yang mencalonkan diri di masa periode 2022/2023;

  1. Citra Dewi Fortuna (XI OTKP 3) dan Diah Nur Anggraini (XI AKL 1)
  2. Apriliani Wijaya (XI RPL) dan Dinati Noor Addid (XI TKJ)
  3. Maria Aprilia (XI AKL 1) dan Adelia Cintya Retana (XI BDP 2)

Sebelum maju untuk memilih, siswa dan siswi diminta untuk menaruh handphone mereka di tempat yang disediakan agar tidak merekam informasi sensitif seperti formulir digital yang digunakan. Disediakan tablet android yang dimana siswa siswi memilih calon ketua dan wakil OSIS di formulir Google yang sudah dibuka.

Pihak penyelenggara dari OSIS mengecek hasil jumlah suara secara langsung dan dibandingkan dengan jumlah siswa siswi tiap sesi kelasnya di waktu yang bersamaan demi mengurangi adanya kecurangan.

Bu Elia sebagai pembina OSIS menggunakan sistem digital ini karena sistem pencoblosan lama dinilai kurang efektif dan kurang keabsahannya

"Kurang efektif sih pakai kertas. Kan juga keabsahannya kurang" ujarnya

Selama pemilos berlangsung, hingga berita ini diterbitkan, proses pemberian suara dari pemilih siswa berjalan lancar dengan durasi rata-rata kurang dari 20 menit untuk setiap kelasnya. Asas langsung, umum, bebas, rahasia dan adil sebagaimana pemilu yang sebenarnya benar-benar dialami oleh calon pemilos tahun ini.

Setelah selesai memilih, siswa siswi mengisi absen kehadiran mereka dan mengambil kembali handphone serta mencelup jari ke tinta sebagai bukti telah mengikuti dan memberikan suara dalam pemilihan ketua dan wakil OSIS SMK Negeri 2 Balikpapan periode tahun 2022/2023.

Hasil pemilihan ketua dan wakil OSIS nantinya akan diumumkan pada hari Jumat, 4 November 2022 dan akan dilantik pada hari Kamis, 10 November 2022.

''Adapun tujuan lain dari pelaksanaannya pemilihan ini ialah memberikan pengalaman demokrasi bagi siswa siswi SMK Negeri 2 Balikpapan" ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, bapak Masnur S.Kom.

 

Kontributor Berita : Muhammad Rafly Indrawan (Mahasiswa KKL Fisip Unmul)

  1. TULISAN TERKAIT