A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/index.php
Line: 315
Function: require_once

FANTASTIS!! Gagasan Baru Pemilihan OSIS 2022 di Skada | SMK Negeri 2 Balikpapan

SMK Negeri 2 Balikpapan

Jl. Soekarno Hatta Gn. Samarinda Balikpapan

"Tiada Hari Tanpa Prestasi"

FANTASTIS!! Gagasan Baru Pemilihan OSIS 2022 di Skada

Kamis, 03 Nopember 2022 ~ Oleh kesiswaan ~ Dilihat 97 Kali

Orasi dan kampanye yang telah berhasil berjalan mulus, akhirnya membawa seluruh warga Skada pada puncak acara pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS masa bakti 2022/2023. Pemilihan yang dilaksanakan pada tanggal 3 November 2022 ini, dilaksanakan pada dua titik TPU (Tempat Pemilihan Umum) yakni aula sekolah serta ruang RSP RPL yang diyakini panitia sebagai tempat pas untuk melangsungkan pemilihan.

                   

Sebelum itu, kampanye tentunya merupakan hal penting yang perlu dilakukan para calon sebelum pemilihan bergulir. Berbagai macam cara telah dilakukan untuk mengisi kampanye yang berlangsung tiga hari sebelum pemilihan itu (31/10/22 – 1 dan 2/11/22).

Para pasangan calon, dibantu oleh Timses (Tim Sukses) membuat ragam video cinematic, poster dan properti kreatif yang diharapkan dapat menarik perhatian para siswa/siswi. Foto bersama warga sekolah tentu tidak lupa mereka lakukan sebagai salah satu metode kampanye.

“Tentunya ini benar-benar di nantikan, bahkan oleh saya sendiri. Para siswa/siswi di Skada juga saya rasa sama halnya. Apalagi pemilihan tahun ini sempat tertunda, yang awal nya tanggal 17 Oktober diundur jadi 3 November, jadi benar-benar saya nantikan sekali pemilihannya.” Ujar Gita, salah satu siswi yang mengikuti kegiatan pemilihan.

Sebanyak 1.282 orang termasuk para guru, telah ikut ambil bagian dalam pemilihan pada tahun ini. Berhasil melewati masa pemilihan yang terhalang pandemi selama 2 tahun lamanya menggugah semangat para pemilih pada pemilihan tahun ini, apalagi ditambah dengan munculnya metode pemilihan gaya baru yang digagas oleh para panitia dalam pemilihan.

      

Tahun sebelum nya saat dilanda pandemi, Skada melangsungkan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS melalui server yang di custom oleh anak murid dari jurusan RPL, namun sistem ini di anggap kurang efektif.

“Pemilihan yang lalu di custom oleh tim RPL, tetapi kelemahannya itu tidak jurdil. Ada prinsip pemilihan yaitu LUBERJURDIL, namun kemarin tidak terterapkan karena harus login menggunakan NISN, jadi tidak rahasia lagi. Maka dari itu kemarin digagas oleh panitia, yakni menggunakan Google Form namun anonim, jadi tidak dapat dideteksi oleh pemegang aplikasi bahkan form itu sendiri, karena yang terekam bukan email atau akun, tetapi suaranya saja.” Jelas Pak Masnur selaku perwakilan dari kepala sekolah.

Metode baru gagasan panitia merupakan hal yang menjadi perhatian pada pemilihan OSIS tahun ini, “Menurut kami metode yang kami gunakan di tahun ini merupakan metode penggabungan antara offline dan online school. Kami rasa ini jauh lebih baik dan efektif karena pengerjaan serta teknisinya dapat berjalan lebih cepat dan efektif, serta tidak membuang-buang waktu.” Ujar salah seorang panitia saat diwawancarai seputar pemilihan.

Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS sendiri dilangsungkan dengan menggunakan tab yang telah di sediakan panitia, dengan tab tersebut setiap siswa/siswi memiliki satu kesempatan untuk menggunakan hak suaranya dalam pemilihan.

        

“Perbandingan dengan menggunakan kertas sendiri, sepertinya lebih efektif jika menggunakan tab, karena hasil yang ditampilkan lebih cepat dibandingkan menggunakan kertas, dimana harus dihitung manual. Dengan tab juga dapat dilihat berapa yang sudah mengisi jadi dapat terlacak jika ada yang tidak memilih.” Ujar Paslon 2 pada Tim Jurnalis sekolah.

Petra, salah satu siswi yang mengikuti pemilihan mengemukakan pendapat yang hampir mirip dengan paslon 2, “Walaupun di TPU lewat form, namun masih lebih baik ini daripada tahun sebelumnya. Karena dilakukan online, bisa jadi ada yang belum memilih, tidak ada yang tau.” Ujarnya.

Pemanfaatan teknologi digital dalam pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS dengan metode e-voting atau pemilihan secara elektronik sudah mesti menjadi gambaran bahwa guru maupun seluruh siswa/siswi Skada sudah mulai peka terhadap keberadaan teknologi di era digital ini.

       

Dengan adanya pemanfaatan teknologi, diharapkan dapat menjadi awal baik dalam misi memajukan mutu belajar serta mutu kegiatan yang akan di langsungkan selanjutnya di SMK Negeri 2 Balikpapan.

Siapa pun yang berhasil menjadi kepercayaan para siswa/siswi Skada sebagai ketua dan wakil ketua OSIS, diharapkan dapat menerapkan visi serta misi yang telah mereka kemukakan sebelumnya saat Orasi (10/10/22).

“Harapannya setelah pemilihan ini, siapa pun yang terpilih dapat komitmen dengan visi misinya nya, juga mampu mengkoordinir anggota anggotanya dan menjadi model bagi siswa/siswi lainnya. Selain itu, harapan bapak agar pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini diharapkan dapat memberikan pendidikan demokrasi bagi siswa/siswi di SMK Negeri 2 Balikpapan.” Harap Pak Masnur.

Kontributor berita : Cleo Cornelia Rumimper (Jurnalis Sekolah/X AKL 1)

                             Muhammad Rassya Tabahillahsyah (Jurnalis Sekolah/X MM)

  1. TULISAN TERKAIT