A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/index.php
Line: 315
Function: require_once

Workshop Peningkatan Mutu Guru Dalam Asesmen Kompetensi Minimum | SMK Negeri 2 Balikpapan

SMK Negeri 2 Balikpapan

Jl. Soekarno Hatta Gn. Samarinda III Balikpapan

"Tiada Hari Tanpa Prestasi"

Workshop Peningkatan Mutu Guru Dalam Asesmen Kompetensi Minimum

Minggu, 31 Oktober 2021 ~ Oleh admin_web ~ Dilihat 134 Kali

     SMK Negeri 2 Balikpapan mengadakan Workshop Peningkatan Mutu Guru Dalam Asesmen Kompetensi Minimum selama 2 hari yaitu 26-27 Oktober 2021 bertempat di Aula SMK Negeri 2 Balikpapan dan dihadiri oleh semua guru SMK Negeri 2 Balikpapan. Pemateri dalam kegiatan workshop ini adalah Dra. Pertiwi Tjitrawahjuni, M.Pd. Widyaprada LPMP Provinsi Kalimantan Timur.

Pemateri Dra. Pertiwi Tjitrawahjuni, M.Pd

     Agenda workshop pada hari pertama adalah pemaparan pemahaman dan tujuan asesmen nasional. Asesmen Nasional 2021 adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Adapun 3 instrument yang digunakan untuk mengukur mutu Pendidikan yaitu, asesmen kompetensi minimum, survey karakter dan survey lingkungan sekolah. Tujuan Asesmen nasional adalah untuk mengevaluasi kinerja satuan pendidikan dan sekaligus menghasilkan informasi untuk perbaikan kualitas pembelajaran, yang kemudian diharapkan berdampak pada karakter dan kompetensi siswa.

     Salah satu instrumen utama yang digunakan dalam asesmen nasional adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi dan numerasi siswa. Kemampuan membaca yang diukur melalui AKM Literasi dikembangkan tidak hanya melalui pelajaran Bahasa Indonesia tetapi juga melalui pelajaran lainnya. Demikian juga kemampuan berpikir logis sistematis yang diukur melalui AKM Numerasi juga sebaiknya dikembangkan melalui berbagai pelajaran.

     Agenda workshop hari kedua adalah para guru SMK Negeri 2 Balikpapan diminta berlatih membuat soal yang memuat komponen literasi dan numerasi. Bentuk soal bisa berupa pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan essay. Dibentuk 4 kelompok yang terdiri 2 kelompok numerasi dan 2 kelompok literasi dan diberi waktu beberapa hari untuk menyelesaikan tugas membuat soal.

     Kegiatan workshop ini mendapat sambutan positif dari para guru. Mereka mengikuti acara dengan antusias dari awal sampai acara berakhir. Para guru mengatakan banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini dan berharap setelah mengikuti workshop ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Rusjanto

Assalamu'alaikum wr.wb Alhamdulillah, Puji Syukur kami panjatkan kehadirat-Mu Ya Allah Tuhan Yang Maha Esa atas segala Nikmat dan Karunia yang…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana pendapat anda dengan tampilan web ini ?

LIHAT HASIL