A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/index.php
Line: 315
Function: require_once

Kualitas Tak Luntur karena Pandemi | SMK Negeri 2 Balikpapan

SMK Negeri 2 Balikpapan

Jl. Soekarno Hatta Gn. Samarinda Balikpapan

"Tiada Hari Tanpa Prestasi"

Kualitas Tak Luntur karena Pandemi

Senin, 07 Februari 2022 ~ Oleh picWEB3 ~ Dilihat 606 Kali

SAMARINDA–Tim putri SMK 2 Balikpapan back-to-back. Mereka sukses mempertahankan titel juaranya di pentas Honda Developmental Basketball League (DBL) 2021 East Kalimantan Series. Itu setelah Skada Balikpapan berhasil mengatasi perlawanan SMA 1 (Smansa) Balikpapan 39-24. Skada tampil dengan kekuatan penuh pada Final Party Honda DBL 2021 East Kalimantan Series di GOR Kompleks Stadion Madya Sempaja, Samarinda, Jumat (4/2).

Modal itu membuat Skada mengambil inisiatif serangan sejak menit awal. Strategi tersebut terbukti jitu karena berhasil membuka keran poin lebih dulu. Situasi berbanding terbalik dengan Smansa Balikpapan. Lima menit kuarter awal, mereka masih kesusahan mendapat poin perdana. Skor 10-4 untuk keunggulan Skada berakhir hingga jeda laga. Kuarter kedua menjadi momen terbaik Skada. Mereka menambah 14 poin dan hanya dibalas 4 poin oleh Smansa. Smansa sebenarnya sempat bangkit di kuarter ketiga. Mampu menorehkan 9 poin dan dibalas 6 poin oleh Skada. Sayang di babak akhir ketertinggalan poin tak mampu dikejar Smansa. Mereka hanya mampu menambah 7 poin. Sedangkan Skada unggul 2 poin lebih banyak.

Berhasil menjadi kampiun, pelatih SMK 2 Balikpapan Muhammad Hendra mengaku puas. Menurut dia, strategi yang dimainkan pada babak final sesuai dengan yang diinginkan. "Dari awal saya sudah instruksikan untuk pemain mematikan guard Smansa Balikpapan. Strategi ini ampuh dan akhirnya kami bisa mengumpulkan poin lebih banyak," ucap Hendra. Diakui Hendra timnya banyak kecolongan di kuarter ketiga. Hal tersebut karena pemain yang bermain merupakan penghuni kelas X dan XI. "Saya harus ambil risiko untuk memberikan menit bermain pada pemain muda. Agar mentalnya lebih terasah untuk event selanjutnya," imbuh dia.

Berhasil back to back champion, Hendra sebenarnya sejak awal berikrar timnya mengikuti Honda DBL hanya nothing to lose. Hal tersebut disematkan agar anak asuhnya tak terbebani dengan titel juara bertahan. "Memang saya dari awal tidak mau membebani pemain. Tapi bukan berarti harus mengalah. Saya minta semua tetap memberikan yang terbaik. Alhamdulillah bisa sampai final dan juara berkat konsistensi anak-anak," imbuhnya. Mendapat gelar juara dua kali beruntun, Hendra tak bernafsu mengejar gelar ketiga. Pasalnya, hal tersebut amat sulit mengingat kompetisi Honda DBL yang menerapkan sistem gugur.

"Honda DBL ini sulit diprediksi. Drawing pool juga berpengaruh dalam perjuangan setiap tim. Jadi kalau ditanya soal ambisi gelar juara ketiga beruntun, itu terlalu jauh. Saya ingin fokus pada pembinaan dan prestasi anak-anak saja," sebutnya. Gelar juara ini juga terasa spesial bagi kapten Skada Nur Ashari. Sebab, Honda DBL musim ini dipastikan yang terakhir kali akan dia ikuti. "Alhamdulillah sangat bersyukur. Apalagi saya sebagai pemain alumni, beruntung dan bangga bisa bantu tim juara. Walau untuk adaptasi sempat kesusahan, tapi kami bisa buktikan perjuangan maksimal sampai akhir," sebut Nur.

Sementara dari kubu lawan, pelatih Smansa Yoga Pratama tak bisa berkomentar banyak soal kekalahan timnya. Dia menilai, anak asuhnya lebih banyak melakukan kesalahan sehingga poin dari lawan mudah tercipta. "Turnover banyak banget. Strategi juga tidak berjalan baik," sebut Yoga.

Kendati demikian, Yoga mengapresiasi semangat juang anak asuhnya. Meski dalam kondisi tertinggal, mental pemain tak kendur. "Terutama untuk kelas X dan XI mereka punya modal berharga. Saya lihat walau dalam ketinggalan mentalnya tetap tinggi. Capaian lebih baik pasti mereka dapat di event selanjutnya," pungkas Yoga. (riz/k8)

 

ARIB BILLAH

LOGO IG: @arib_billah

Sumber: https://kaltim.prokal.co/read/news/395502-kualitas-tak-luntur-karena-pandemi.html

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT