A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/index.php
Line: 315
Function: require_once

Ramadhan Pun Tiba, Rohis SKADA Gelar Pesantren Ramdhan | SMK Negeri 2 Balikpapan

SMK Negeri 2 Balikpapan

Jl. Soekarno Hatta Gn. Samarinda Balikpapan

"Tiada Hari Tanpa Prestasi"

Ramadhan Pun Tiba, Rohis SKADA Gelar Pesantren Ramdhan

Kamis, 14 April 2022 ~ Oleh kesiswaan ~ Dilihat 285 Kali

Bulan Ramadhan tahun 1443 H telah ditentukan pemerintah jatuh pada tanggal 2 April 2022. Masuknya bulan Ramadhan meningkatkan gairah kegiatan keagamaan di masyarakat dan tidak ketinggalan di SMKN 2 Balikpapan.

Pada hari Senin tanggal 4 April hingga Rabu 6 April 2022 telah dilaksanakan Kegiatan Pesantren Ramadhan 1443 H yang diadakan oleh Rohis Nurul Hikmah SMKN 2 Balikpapan serta bekerja sama dengan MPK & OSIS SMKN 2 Balikpapan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa/i kelas X SMKN 2 Balikpapan secara Online melalui aplikasi Zoom dan Offline di Aula SMKN 2 Balikpapan.

 

Acara Pesantren Ramadhan ini menghadirkan para pemateri internal dari guru-guru Agama Islam SMKN 2 Balikpapan, yaitu : Bapak Drs. Muhammad Firman M.S.I, Ibu Dra. Hj. Fadilatul Ismah M.Pd, Ibu Anisyah Kabiarsi S.Pdi, M.S.I, dan Bapak Didi Purnomo, MA. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan 3 hari berturut-turut ini yaitu tadarus dan tadabur Al-Qur'an, Sholat Dhuha bersama, penyampaian materi, dan games.

Kegiatan pesantren Ramadhan yang dilaksanakan selama 3 hari itu diikuti oleh siswa dengan sangat antusias. Mereka terlihat ceria karena menggunakan seragam yang tidak biasanya. Mereka hadir selama 3 hari secara bergantian sesuai jadwal yang telah ditentukan panitia mengenakan busana muslim dan muslimah yang warna-warni. Dari raut wajah mereka terlukis rasa percaya diri mengikuti kegiatan yang mengambil tema “Ikhlas Menuju Insan Bertaqwa”.

Tak hanya kegiatan Pesantren Ramadhan yang diadakan oleh Rohis Nurul Hikmah, mereka juga mengadakan Kegiatan Tadarus Al-Qur’an yang diikuti oleh seluruh siswa/i kelas X dan XI SMKN 2 Balikpapan secara online melalui aplikasi Zoom. Kegiatan ini dimulai pada hari Senin sampai Sabtu tanggal 4 April hingga 29 April 2022 yang dihadiri oleh guru-guru Agama Islam serta para wali kelas. Dalam tadarus Al Qur'an berisi kegiatan mengenai Pembukaan, pembacaan Al Fatihah, pembacaan ayat Alquran ± 1 Juz perhari dan penutup. Setiap kelas mewakili minimal 5 orang setiap harinya dalam sesi tadarus menjelang berbuka yang dilaksanakan dari jam 16.00 s.d 18.00 WITA.

“Suasana Ramadhan tahun ini di SMKN 2 Balikpapan sungguh nikmat diikuti” ucap Aminah, ketua Rohis Nurul Hikmah, “saya berharap kegiatan ini bisa membekali siswa dengan iman-taqwa yang semakin kuat dan tahun depan kegiatan seperti ini bisa terus diaksanakan dengan konsep yang terus lebih baik”. Kegiatan ini mempertegas bahwa iklim relegius sangat penting bagi tumbuh kembang remaja secara mental spiritual selain yang sering dibimbing dalam hal intelektual dan keterampilan kejuruan di SMK.

 

Kontributor berita: Alya Nur Asyifa (Rohis/ X OTKP 1)

  1. TULISAN TERKAIT