SMK Negeri 2 Balikpapan

Jl. Soekarno Hatta Gn. Samarinda Balikpapan

"Tiada Hari Tanpa Prestasi"

Semangat Hari Pertama Masuk Sekolah, Guru-Siswa Skada Semarak Rayakan Qurban

Minggu, 31 Juli 2022 ~ Oleh kesiswaan ~ Dilihat 770 Kali

Idul Adha 1443 H momentum penting bagi sivitas pembelajaran di SMKN 2 Balikpapan untuk membudayakan pendidikan karakter kepada peserta didik, baik guru, tenaga kependidikan dan siswa. Waktu pelaksanaannya yang berlangsung selama muslim liburan dan beririsan dengan hari pertama siswa masuk sekolah bukan menjadi hambatan sama sekali menyukseskannya. Terbukti, terkumpul 4 ekor sapi hasil patungan guru-tenaga kependidikan dan 2 ekor sapi hasil infak kolektif siswa SMK N 2 Balikpapan berhasil menjadi hewan qurban yang dibagikan dagingnya pada Senin, 11 Juli 2021.

 

Keberhasilan kegiatan di atas tidak bisa dipisahkan dari usaha serius panitia dan dukungan manajemen sekolah yang dikomandoi oleh Bapak Drs. Rusjanto MM. Sebulan sebelum pelaksanaan bagi rapot akhir tahun pembelajaran 2021-2022, panitia qurban sudah dibentuk dan menerbitkan surat edaran serta disampaikan kepada orang tua siswa. Pada momen pembagian hasil kelulusan dan rapot kelas, sempat terkumpul infak kolektif dari kelas XII, XI dan X. Dana infak kolektif dari siswa menghasilkan 2 ekor sapi dengan bobot yang memuaskan.

 

Partisipasi guru dalam kegiatan qurban mampu mempertahankan tradisi baik di sekolah, terbukti empat ekor sapi hasil patungan 1/7 menjadi qurban terbaik di momen perayaan Idul Adha 1443 H. Partisipasi ini menegaskan bahwa guru dalam mempromosikan perbuatan baik wajib memberikan contoh terlebih dahulu. Bapak Ibu Guru dan tenaga kependidikan yang berstatus sebagai shahibul qurban adalah sebagai berikut:

Kelompok 1.

  1. Desta Fitri Anggraini (almrh) binti Warsito
  2. (Alm) Soekari bin Mustahal
  3. Supatmi Riyanti binti Budi Raharjo
  4. H.Hadi Suwito bin Mat Dasuki
  5. Sulistiani Binti Bukhori
  6. Dwi Andri M Bin Sumardji
  7. Fadilatul Ismah Binti H Ahmad Tolhah

 

Kelompok 2

  1. Sobirah (alm) binti Salim
  2. Widiawati Binti Muyono
  3. Rusmiati Binti H. Ontong Jamaludin
  4. M.Sultan
  5. Muhammad Nur Arifanto Bin H. Mursyid
  6. Hj Sri Hayati Binti H.Da'o
  7. Woro Ngestiti binti Warsono

 

Kelompok 3

  1. Komariani Binti Kamsi
  2. Moh.Nur Maisyah Bin Sirmun
  3. Syamsul Hadi Bin Misbachul munir
  4. Chintia Aulia Binti Misran
  5. Eva Erwenna Binti Asmadi
  6. Bimaswati Juni Iswari Binti Moedjioto Hs
  7. Maemunah Binti Kasing (Almarh)

 

Kelompok 4

  1. Didi Pornomo Bin Radji
  2. Saputro Bin Soewarno
  3. Sutini Binti Suparlan
  4. Endang Eko Sapartiningsih Binti Baruno.(Almrh)
  5. Fina Nailatul Izza Binti Mujiana
  6. Hj.Naharaini Binti Latang
  7. Aras Bin Abdul Gani.

 

Hasil daging qurban berhasil dibagikan kepada perwakilan siswa dari keluarga kurang mampu, setiap kelas untuk makan bersama, purna tugas, komite dan lingkungan. Melalui kegiatan qurban tahun ini, ketua Panitia, Bpk H. Sunaryo meyampaikan bahwa hewan yang dibeli bebas dari virus mulut dan kuku serta telah lulus balai kesehatan ternak sehingga layak dikonsumsi. Secara terpisah, Bpk. Didi Purnomo sebagai Koordinator Kesiswaan menyampaikan harapan kepada seluruh siswa agar Karakter peduli dan berbagi yang dikampanyekan pada peringatan Idul Adha 1443 H semoga bisa terus dipertahankan di tahun mendatang.

Kegiatan berlangsung sangat lancar. Jam 11.45 wita distribusi daging qurban berhasil diselesaikan oleh seluruh panitia. Kondisi sekolah kembali bersih di jam 13.00 wita dan siswa kelas X yang berstatus baru diterima hadir pada jam 14.00 wita mengikuti kegiatan pra MPLS. Karena telah menjadi keluarga besar SMKN 2 Balikapapan, masing-masing rombel mereka pun mendapatkan 4 Kg daging qurban untuk dimasak dan disantap bersama.

 

 

 

  1. TULISAN TERKAIT