A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/index.php
Line: 315
Function: require_once

Kena Liput Wartawan Sob!!! Pembawa Baki Bendera Pusaka di Balikpapan Siswa Skada | SMK Negeri 2 Balikpapan

SMK Negeri 2 Balikpapan

Jl. Soekarno Hatta Gn. Samarinda Balikpapan

"Tiada Hari Tanpa Prestasi"

Kena Liput Wartawan Sob!!! Pembawa Baki Bendera Pusaka di Balikpapan Siswa Skada

Jum'at, 19 Agustus 2022 ~ Oleh kesiswaan ~ Dilihat 365 Kali

Pemberitaan prestasi siswa skada masuk radar peliput berita profesional. Kali ini, prestasi tanpa piala mampu diraih oleh Siswa Skada di bidang pengibaran bendera pusaka di lapangan Merdeka Kota Balikpapan pada momen bersejarah peringatan HUT RI Ke 77. Tidak mudah untuk menjadi bagian penting sebagai pasukan pengibar bendera pusaka level kota. Kekuatan mental, fisik dan daya juang telah mengantarkan Siti Rabbiya menjadi satu-satunya peserta dari SMKN 2 Balikpapan yang ikut dalam barisan inti pasukan pengibar bendera pusaka Kota Balikpapan dan mendapat kepercayaan sebagai pembawa baki sang saka diprosesi penaikan bendera pagi hari, 17 Agustus 2022.

Detik-detik menuju lapangan merdeka membawa sang saka merah putih   

Momen ditik-detik menuju Lapmer mebawa bendera                       Bersama Ibu dan rekan ketika dikukuhkan sebagai paskibraka            

 

Lengkap beritanya dapat diakses pada laman berita daring BorneoFlash.com berikut:

https://borneoflash.com/2022/08/18/siswi-smkn-2-balikpapan-pembawa-baki-bendera-merah-putih-dalam-upacara-kemerdekaan-ri-di-lapangan-merdeka/2/ 

Konten beritanya jurnalis Skada sadur langsug sebagai berikut:

BorneoFlash.comBALIKPAPAN – Terpilihnya menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), merupakan suatu prestasi yang membanggakan. 

Hal itulah yang dirasakan Siti Rabbiya yang terpilih mewakili SMKN 2 Balikpapan, sebagai pembawa baki Bendera Merah Putih pada Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, di Lapangan Merdeka pada hari Rabu (17/8/2022).

“Saya senang dan bangga sekali dapat terpilih menjadi satu-satunya anggota calon Paskibraka Balikpapan tahun 2022 dari SMKN 2 Balikpapan,” jelasnya kepada BorneoFlash.com saat dihubungi melalui sambungan seluler, Kamis (18/8/2022).

Siswi SMKN 2 jurusan Multimedia ini mengungkapkan awal mula mengikuti seleksi, pemilihan Calon Paskibraka saat di sekolah. Saat itu, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan menggelar sosialisasi di sekolah.

“Pendaftarannya pun dibuka hari itu juga. Jadi saya mendaftar di hari itu untuk mengikuti seleksi,” jelas putri bapak Dirpurwanto Yursri.

Sebenarnya dirinya belum ada persiapan khusus seperti hal mempersiapkan secara fisik atau persiapan lainnya. Yang ada di benaknya adalah motivasi dan dorongan dari orang tua, sekaligus termotivasi untuk bisa seperti ibunya yang pernah menjadi Paskibraka di tahun 2000.

“Saya daftar modal nekat. Saya termotivasi dengan cerita mama dan saya mencoba daftar Paskibraka,” tuturnya.

Ini pertama kalinya dirinya mendaftar sebagai anggota paskibraka. Pasalnya, tahun kemarin tidak menerima kalau bukan anak Pasukan Pengibar Bendera Sekolah (Paskas). “Saya kan bukan paskas. Jadi, saya nggak daftar tahun kemarin, baru tahun ini,” ucap wanita kelahiran tahun 2005 ini.

Dirinya tak menyangka bisa berhasil lolos seleksi setelah mengalahkan 39 siswi SMKN 2 yang ikut mendaftarkan Calon Paskibraka pada saat itu. Tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri.

Usai terpilih dan menjalani latihan Paskibraka selama dua bulan, dirinya mendapatkan banyak manfaat. “Saya sangat senang sekali dapat menjadi orang yang lebih baik, karena didikan mereka, yaitu pelatih-pelatih saya yang selalu mengutamakan kedisiplinan dan tanggung jawab yang besar untuk diri sendiri, karena harus membuat pengibaran sukses tahun 2022 bersama teman-teman,” terangnya.

Latihan yang dijalani juga tak mudah, dengan dibawah terik matahari yang terasa seperti diatas kepala, dirinya harus berlari menggunakan tas yang sudah diberi beban lima kilo untuk cewek dan tujuh kilo untuk cowok.

Kemudian, latihan bawa nampan yang berisikan batu bata dengan tujuan untuk melatih kekuatan angkat nampan di hari H nanti. 

Padahal, upacara peringatan 17 Agustus itu nampan berisikan bendera aja, tetapi latihannya itu yang benar-benar dapat merubah dirinya menjadi orang yang kuat dan lebih baik untuk kedepannya. 

Pada saat pengibaran di lapangan, dirinya merasa gugup karena dilihat banyak orang tapi dirinya harus yakin bisa, karena semua orang berharap sama dirinya.

    

 

“Saya mencoba menenangkan diri, anggap aja itu latihan harian. Jadi baca Bismillah dan saya langkahkan kaki saya menuju lapangan upacara. Tidak lupa saya berdoa selalu untuk kelancaran pengibaran dan penurunan bendera,” ungkapnya.

Ia berharap kepada  teman-teman yang mau mendaftar, untuk Paskibraka tahun depan dapat menjadi lebih baik lagi, dan dapat memegang tanggung jawab masing-masing.

“Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru, karena kalau tidak dicoba cuma ada satu pilihan, yaitu gagal dan kalau dicoba ada 2 pilihan yakni gagal dan berhasil,” katanya.

Siti selalu menanamkan kata-kata itu untuk dirinya, karena kata-kata itu juga dirinya bisa yakin. “Meyakinkan diri saya bahwa saya bisa menjadi anggota paskibraka tahun ini,” serunya.

(BorneoFlash.com/Niken)

 

  1. TULISAN TERKAIT