A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/index.php
Line: 315
Function: require_once

PCR-7 Sudah Dimulai, 200an Pelajar Balikpapan Partisipasi Kegiatan Lomba di Skada | SMK Negeri 2 Balikpapan

SMK Negeri 2 Balikpapan

Jl. Soekarno Hatta Gn. Samarinda Balikpapan

"Tiada Hari Tanpa Prestasi"

PCR-7 Sudah Dimulai, 200an Pelajar Balikpapan Partisipasi Kegiatan Lomba di Skada

Minggu, 25 September 2022 ~ Oleh kesiswaan ~ Dilihat 217 Kali

Bikin Sekolah Terasa Menyenangkan!!! PCR-7 Sudah Dimulai, 200an Pelajar Balikpapan Partisipasi Kegiatan Lomba di Skada

 

Jumat, 23 September 2022 Rohis Nurul Hikmah SMKN 2 Balikpapan melakukan kegiatan lomba-lomba bidang keagamaan dan seni dalam rangkaian Pekan Cinta Rasul (PCR) ke-7. Kegiatan yang berlangsung selama sehari tersebut diawali dari jam 07.15 wita berupa kegiatan zikir bersama seluruh warga Skada beragama Islam terpusat di lapangan sekolah. Ada pun mereka yang beragama non-Islam, melakukan kegiatan ibadah pagi bersama guru agama masing-masing di beberapa ruang kelas.

 

 

Setelah kegiatan zikir pagi, seremoni pembukaan kegiatan lomba PCR ke-7 diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Saudah Asaru dari kelas XII OTKP 2 yang bertugas sebagai ketua panitia kegiatan melaporkan bahwa lomba-lomba keagamaan dan seni yang diselenggarakan diikuti oleh lebih dari 200 pelajar Balikpapan yang terdiri dari jenjang SMP dan SMA/ SMK sederajat.

 

Kepala SMKN 2 Balikpapan, Bpk. Drs. Rusjanto, MM dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih kepada bapak-ibu guru pembimbing kegiatan dan juga kekompakan panita Rohis Putri dan Putra (Bamas) hingga mampu melaksanakan kegiatan pentas lomba bakat pelajar dalam bidang keagamaan hingga seri ke-7. Sehubungan kondisi kesehatan nasional yang belum sepenuhnya dinyatakan bebas dari penyebaran covid-19, maka rencana kegiatan puncak yang akan di laksanakan terbuka di luar sekolah di tunda dan baru bisa dilaksanakan tetap di sekolah.

 

Peserta kegiatan lomba terlihat sangat punya respon yang bagus sejak acara pembukaan berlangsung. Ditambah lagi, Kepala Sekolah yang memang gemar berbagi kebahagian dengan peserta didik maupun ibu bapak guru, di sesi sambutannya sebelum membuka acara membuat dua kuis menarik untuk mereka dengan hadiah uang tunai.

               

Ada 6 cabang lomba yang dilaksanakan dalam kegiatan PCR-7 yaitu: untuk jenjang SMP sederajat ada Adzan, da’i dan tartil; untuk jenjang SMK/ SMA sederajat ada Da’i, Tahfidz, dan Habsyi. Melibatkan juri-juri yang kompeten di bidangnya baik dari Kemenag Kota Balikpapan dan praktisi pendidikan agama dan seni, rangkaian kegiatan lomba sehari penuh berlangsung sukses dan lancar dilaksanakan. Pengumuman pemenang lomba akan disampaikan pada puncak acara PCR ke-7 pada tanggal 8 Oktober 2022 atau bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1443 H alias tanggal peringatan Maulid Nabi Muhammad saw.

 

Selama kegiatan berlangsung, tim jurnalis sekolah mengamati memang ada saja kendala-kendala teknis terjadi seperti urutan nama peserta yang tertukar, alat pengeras suara yang sempat tidak berfungsi dan komplain-komplain dari peserta atau pendamping. Secara keseluruhan bisa dipastikan panitia mampu mengelola acara dengan baik. Dari kegiatan tersebut bisa dikategorikan bahwasanya Rohis Nurul Hikmah, Rohis Putra Bamas Skada, dan tim panitia telah mengimplementasikan Projek Pelajar Pancasila dalam istilah kurikulum merdeka meskipun sebenarnya SMKN 2 Balikpapan masih menggunakan kurikulum 2013.

 

Di kesempatan yang sama, tim jurnalis sekolah menayakan kesiapan acara puncak kepada Ketua Rohis Nurul Hikmah; Aminah dari kelas XII BDP 1 mengatakan bahwasanya akan ada Bintang Tamu spesial yang akan dihadirkan, yaitu da’i nasional yang familiar di kalangan pelajar pengguna media sosial. “Teman-teman yang muslim wajib hadir ya, karena selain menambah ilmu agar semakin cinta kepada Nabi Muhammad saw, ada guest start, dan bazar makanan, teman-teman juga bisa tampil modis dengan tetap bebusana islami. Ini kesempatan tampil kece di acara spesial,” ungkap Minah-begitu biasa disapa, yang terlihat keren dengan kacamata ala Harry Potternya, menjelaskan kepada tim jurnalis sekolah.

  1. TULISAN TERKAIT