A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/index.php
Line: 315
Function: require_once

SEMUANYA SISWA PUTRA, BAMAS INISIASI KEMBALI TAKLIM KHUSUS COWOK SKADA | SMK Negeri 2 Balikpapan

SMK Negeri 2 Balikpapan

Jl. Soekarno Hatta Gn. Samarinda Balikpapan

"Tiada Hari Tanpa Prestasi"

SEMUANYA SISWA PUTRA, BAMAS INISIASI KEMBALI TAKLIM KHUSUS COWOK SKADA

Senin, 26 September 2022 ~ Oleh kesiswaan ~ Dilihat 230 Kali

Sabtu, 10 September 2022, Ekskul Rohis Putra atau biasa dikenal dengan Bubuhan Asik di Masjid Sekolah (BAMAS) menginisasi majelis taklim khusus siswa laki-laki Skada dari kelas X, XI dan XII. Lama vakum akibat mengurangi krumunan di sekolah sejak Maret 2020, kini kegiatan majelis taklim khusus putra di Aula Skada kembali bisa dilaksanakan.

Berlangsung dari jam 09.00 wita, Majelis taklim putra menghadirkan suasana seperti berada di STM (Sekolah Teknik Menengah). Histori Skada sebagai sekolah ekonomi diawal berdirinya dengan dominasi siswa putri pada kali kesempatan ini sama sekali tidak tergambar. Seluruh pantia, petugas, penjaga daftar hadir peserta hingga dokumentasi semuanya dikelola oleh siswa putra dari ekskul BAMAS.

Pada sesi pra acara, seluruh siswa putra melakukan pembacaan zikir pagi dan mentadaruskan ayat-ayat pilihan didampingi oleh guru pendidikan agama Islam, Bapak Didi Purnomo, MA. Sesi ini menghadirkan suasana hati peserta menjadi sejuk, tenang dan siap melanjutkan sesi acara inti.

M Hidayat Hasyam Haslan dari XII AKL 3 dan Radhitya Cesar Ramadani dari XI BDP 3 yang tandem sebagai Master Ceremony mampu menghadirkan acara dengan baik. Di depan teman sebaya, mereka mampu mencairkan suasana acara layaknya rekan dan jauh dari kesan menggurui.

Pada sesi laporan ketua panitia, Muhammad Herdian Ibadurahman dari XII TKJ menyampaikan rasa terima kasihnya baik kepada pihak sekolah, para peserta dan juga kekompakan panitia. Kegiatan Majelis Taklim Putra yang mengusung tema, “Remaja Hebat Pilar Masa Depan Umat” menghadirkan Ustadz Soson Solehudin, S.Sos. I, salah satu da’i yang berasal dari dalam kota dan alumni UIN Bandung.

Dalam sesi sambutan, Bapak Masnur, S.Kom Wakil Kepada Sekolah bidang kesiswaan mengungkapkan rasa bangga kepada peserta yang mampu mengalahkan rasa dingin karena hujan di pagi hari untuk hadir kegiatan majelis taklim. Bapak Masnur mengatakan bahwa, “kegiatan majelis taklim ini sangat didukung sekolah karena bagian dari implementasi dari konsep profil pelajar pancasila, khususnya aspek peningkatan iman dan takwa serta ahlak mulia. Oleh karenanya yang hadir ini diharapkan mampu melakukan pengimbasan kepada teman sebaya baik saat di kelas maupun di rumah. Kegiatan ini sekaligus membuktikan bahwa sekolah memfasilitasi siswa agar memiliki mental spiritual, mandiri dan kreatif dalam mengemas acara selain kegiatan pokok berupa belajar mengajar di kelas”.

Pada Acara inti ceramah agama, Ustadz Soson berbagi wawasan tetang pemuda hebat yaitu seorang pemuda yang percaya diri dengan kemampuan dirinya menuju sukses, bukan mereka yang bangga dengan kehebatan yang dimiliki orang tuanya.

“Seorang pemuda yang hebat bukan orang yang bangga dengan kehebatan bapaknya dan kawannya, tapi pemuda yang hebat adalah pemuda yang mampu berdiri sendiri serta seorang anak itu di rumah harus berbakti kepada orang tuanya, harus punya tujuan hidup, jangan lupa sama tujuan hidup”

“Siapa yang ingin menguasai dunia ia harus tau ilmunya dulu. Barang siapa yang ingin bahagia dunia dan akhirat ia harus tau ilmunya. Kuncinya gemar membaca, mendengar, berfikir dan merenung. Kalau mau belajar tentang suatu hal harus tau tentang definisinya dulu alias jangan ikut-ikutan. Pemuda yang hebat adalah pemuda yang bertaqwa yaitu hanya takut kepada Allah Yang Maha Kuasa, takut tidak mendapatkan Rahmat-Nya yang sangat luas bagi seluruh hamba-hamba-Nya” begitu pesan Ustadz Soson dengan penuh semangat.

Dua jam setengah kegiatan majelis taklim berlangsung penuh keseruan. Meski dari tim panitia hanya memberikan satu bungkus roti dan segelas air mineral, semangat peserta tetap terlihat hingga akhir acara. Tak lupa sebagai bukti kehadiran dan melatih daya literasi setiap peserta, mereka meyampaikan rangkuman pemaparan ustadz Soson dalam bentuk file ke ruang kelas daring yang sudah panitia siapkan di google classroom.

  1. TULISAN TERKAIT