A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/index.php
Line: 315
Function: require_once

Praktik Baik Guru Penggerak SKADA Di MGMP Bisnis | SMK Negeri 2 Balikpapan

SMK Negeri 2 Balikpapan

Jl. Soekarno Hatta Gn. Samarinda Balikpapan

"Tiada Hari Tanpa Prestasi"

Praktik Baik Guru Penggerak SKADA Di MGMP Bisnis

Rabu, 02 Nopember 2022 ~ Oleh kesiswaan ~ Dilihat 147 Kali

Rabu (2/11) SMK Negeri 2 Balikpapan kedatangan tamu rekan-rekan guru dari SMK Negeri 3 Balikpapan dalam melaksanakan kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Guru-guru pemasaran SMK Negeri 2 Balikpapan beserta SMK Negeri 3 Balikpapan berkumpul di aula dari jam 10:00 hingga selesai

Dapat diketahui, MGMP adalah forum atau wadah yang memfasilitasi berkumpulnya guru mata pelajaran yang sama untuk mengembangkan profesionalitas kerja. MGMP meliputi berbagai tema mata pelajaran dan jurusan serta dilaksanakan secara berkala setiap bulan. Kegiatan MGMP kali ini di SMKN 2 Balikpapan dari program keahlian bisnis dan diikuti guru-guru dari SMKN 3 Balikpapan karena di level kota dua sekolah ini lah yang memiliki program keahlian pemasaran.

MGMP Pemasaran kali ini membawa 2 materi baru yaitu Pengenalan Canva yang dijelaskan oleh bapak Muhammad Fadli Noor S.ST. guru SMKN 2 Balikpapan jurusan TI multimedia (MM) dan Budaya Positif yang dijelaskan oleh bapak Andy Leta Setiawan S.Pd, guru SMKN 2 Balikpapan jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP).

Selama sesi berlangsung, tanggapan dari rekan-rekan guru SMKN 2 dan guru SMKN 3 sangat positif dan aktif dalam mengikuti materi. Tidak hanya mendengar tetapi rekan-rekan guru mempraktikkan langsung bagaimana cara menggunakan Canva.

Sesi berikutnya dilanjutkan oleh pak Andy untuk menyampaikan materi budaya positif. Materi tersebut didapat Pak Andy dari program guru penggerak yang sedang diikuti, tepatnya angkatan ke 6. Presentasi di hadapan teman satu komunitas belajar sebagaimana MGMP, menjadi salah satu sarana untuk menyampaikan pandangan baru dalam dunia pendidikan atau dikenal dalam istilah kurikulum merdeka sebagai praktik baik.

Dalam materi budaya positif, pak Andy menyinggung perkembangan kodrat dan zaman yang berubah-berubah tiap tahunnya sehingga cara mengajar yang lama tidak efektif dengan siswa siswi zaman sekarang.

"dalam pengembangan pembelajaran kekinian, kita perlu mengerti terlebih dahulu siswa siswi ini apa kemampuan dan kekurangannya. Setelah itu dikelompokkan dari bidang minatnya seperti pandai berbicara, komputer dan banyak lainnya" jelas pak Andy.

Bapak Andy Leta Setiawan yang sekaligus sebagai ketua MGMP Pemasaran Kota Balikpapan berterima kasih kepada rekan-rekan guru atas kehadiran dan dukungan kegiatan yang berjalan lancar. Ucapan terima kasih juga diberikan kepada Kepala SMKN 2 Balikpapan yang telah memfasilitasi aula untuk kegiatan tersebut.

"Terima kasih kepada bapak Rusjanto MM selaku kepala SMK 2 Balikpapan yang memberikan izin jam mengajar dan tempat kegiatan MGMP di SMK 2 Balikpapan" ujarnya.

Tidak lupa bapak Andy Leta Setiawan menitip pesan dan harapan untuk MGMP Pemasaran berikutnya agar dapat lebih menarik dan terus berkembang bersama rekan rekan guru pemasaran lainnya.

"Semoga kegiatan MGMP tahun-tahun berikutnya akan lebih menarik dan memberikan gambaran terhadap dunia pemasaran yang terus berkembang secara pesat dan diharapkan untuk bapak ibu guru untuk senantiasa terus update bersama siswa-siswi pemasaran yang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya masing-masing" tandasnya.

 
Kontributor Berita : Muhammad Rafly Indrawan (Mahasiswa KKL Fisip Unmul)

  1. TULISAN TERKAIT