SMK Negeri 2 Balikpapan

Jl. Soekarno Hatta Gn. Samarinda Balikpapan

"Tiada Hari Tanpa Prestasi"

Berani Mengawali Projek PKK Takoyaki

Rabu, 20 Desember 2023 ~ Oleh kesiswaan ~ Dilihat 77 Kali

Berani Mengawali Projek PKK Takoyaki

Pelajaran Produk Kreatif dan kewirausahaan (PKK) mulai dipejari di kelas XI (sebelas) dan XII (dua belas) bagi siswa SMK. Saat mendapat pelajaran ini di Skada dari Ibu Dra Lilies Setiawati, pada semester gasal tahun pelajaran 2023-2024, kami mendapatkan praktek pengalaman yang unik dan seru.

Kegiatan praktek tersebut diikuti oleh semua siswi kelas XI dan XII jurusan keuangan. Kegiatan praktek kewirausahaan ini bertujuan untuk melatih keterampilan siswa dalam berwirausaha sehingga kelak bisa mandiri dan menjadi wirausahawan yang sukses.

Mekanisme kegiatan praktek tersebut dimulai dengan para siswa menganalisis peluang usaha dan strategi pasar. Setelah itu membuat perencanaan kegiatan usaha dan proses perhitungan laba ruginya, kemudian proses pembuatan produk.

Lewat bimbingan langsung oleh guru PKK kelas XII yaitu ibu Lilies, kegiatan praktik ini berlangsung selama dua Minggu dan dijadwalkan sebanyak 3 sesi. Dengan jadwal praktek pada sesi 1 dihari Sabtu, 04 November 2023 (Pagi) di depan SDN 005 Balikpapan Tengah. Pada sesi 2 dan 3 dilakukan melalui online pada tanggal 5 November 2023 (Malam) dan pada tanggal 15 November 2023 (Siang) melalui WhatsApp.

Ramainya area SDN 005 Balikpapan Tengah dimanfaatkan dengan baik oleh kami dengan memilih lokasi tersebut sebagai tempat untuk berjualan. Mengitari area SDN tersebut dengan membawa barang dagangan, sehingga kami mencuri perhatian beberapa orang yang tengah duduk di sekitar SD untuk menunggu anaknya yang akan pulang sekolah.

"Target pasar kami berada di sekitar lingkungan sekolah, kami menargetkan ibu - ibu yang sedang menunggu anak-anaknya dari pulang sekolah serta siswa SDN tersebut. Meskipun dibeberapa kesempatan kami kesulitan dalam menjajakan dagangan kami. Namun, hal itu bisa di atasi dengan kerja sama tim," komentar Dita Tricahya Ningrum salah satu siswa yang ambil bagian dalam praktik ketika di wawancarai.

"Rasanya enak kak, kapan lagi ada? Jarang-jarang nih ada yang jual takoyaki dengan harga yang terjangkau. Sering-sering jualan disini ya kak." Komentar pembeli yang merupakan anak yang bersekolah di SD tersebut.

Dengan diadakannya praktik kewirausahaan ini diharapkan bisa memberikan dampak positif dan menumbuhkan kesadaran berwirausaha kepada siswa-siswi agar mereka tidak hanya ingin menjadi seorang karyawan. Tetapi, juga punya keinginan serta termotivasi untuk menjadi pengusaha yang memiliki karakter mandiri, kreatif, serta produktif. Begitulah beberapa karakter positif yang telah kami dapatkan dari praktek ini.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT