SMK Negeri 2 Balikpapan

Jl. Soekarno Hatta Gn. Samarinda Balikpapan

"Tiada Hari Tanpa Prestasi"

Skada Laksanakan Bimtek Pengelolaan Kinerja Melalui PMM

Jum'at, 19 Januari 2024 ~ Oleh kesiswaan ~ Dilihat 33 Kali

Kemendikbud Ristek bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menerbitkan edaran bersama Nomor 17 Tahun 2023 – Nomor 9 Tahun 2023 tentang sistem informasi pengelolaan kinerja ASN guru pada 15 Desember 2023. Isi edaran itu menegaskan bahwa pengelolaan kinerja guru mulai Januari 2024 melalui sistem aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Pada tanggal yang sama pula, Kemendikbud Ristek melalui Dirjen GTK menerbitkan Petunjuk Teknis Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah yang tertuang dalam Peraturan Dirjen GTK Nomor 7607/ B.B1/HK.03/ 2023.

Responsif dengan perkembangan terbaru sebagaimana diatas, Manajemen Skada melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) bagi seluruh guru baik ASN maupun tenaga honor menyusun rencana kerja tahun 2024 melalui PMM.

Bimtek berlangsung selama dua hari 18 s.d. 19 Januari 2024 dan berlokasi di Aula Skada. Bertindak sebagai fasilitator Bimtek unsur manajemen Skada yaitu Wakil Kepala Sekolah Bidang Ketenagaan dan Kurikulum. Selain fasilitator materi, Bimtek tersebut juga telah melibatkan mentor sebaya dari unsur manajemen dan guru pembina.

Kegiatan Bimtek fokus mendampingi peserta guru Skada menyusun rencana kerjanya untuk tahun 2024 melalui PMM. Praktik diskusi peserta bersama mentor guru sebaya dan pengisian rencana kerja di PMM berlangsung secara terbimbing untuk selanjutnya siap diajukan guna mendapat persetujuan pimpinan.

Peserta tampak antusias berkegiatan selama dua hari. Unsur perencanaan kinerja yang meliputi praktik pembelajaran, pengembangan kompetensi, tugas tambahan dan perilaku kerja tuntas mendapatkan porsi pembahasannya.

Dengan pola Bimtek sebagaimana diatas, Manajemen Skada yang dinahkodai oleh Suparman, S.Pd berusaha menumbuhkan rasa kebersamaan untuk berkinerja unggul di tahun 2024. Bimtek ini dasar bagi manajemen Skada optimis sebelum tanggal 31 Januari 2024 seluruh Guru mampu menyelesaikan rencana kerjanya dengan cara yang tepat.

 

Kontributor liputan: Ummi Hani' Farihah

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT