SMK Negeri 2 Balikpapan

Jl. Soekarno Hatta Gn. Samarinda Balikpapan

"Tiada Hari Tanpa Prestasi"

Platform Rumah Belajar Sambangi Balikpapan, Guru Skada Berbagi Liputan

Jum'at, 19 Mei 2023 ~ Oleh kesiswaan ~ Dilihat 127 Kali

Bertempat di hotel Horison Sagita Balikpapan pada 17-18 Mei 2023, sosialisasi Rumah Belajar oleh UPTD Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan sukses dilaksanakan dan guru Skada, Ibu Ummi Hani Farihah, dapat mengikuti hingga akhir acara. Kegiatan selama dua hari ini terasa tidak ringan karena harus mau mengorbankan hari libur nasional yang jatuh tanggal 18 Mei 2023. Tanggal merah karena bertepatan dengan peringatan kenaikan Isa al-Masih, bagian hari besar bagi umat Kristiani.

 

Kegiatan yang baru pertama kali dilakukan ini menurut ketua panitia Muhammad Awaludin, SE.MM terlalu singkat dan padat. Untuk agenda berikutnya minimal 2 hari 2 malam, karena materi tidak maksimal disampaikan oleh pemateri dari balai teknologi, duta akun belajar.id dan kapten belajar.id.

 

Kegiatan yang dimulai pada 17 Mei 2023 pukul 16.30 wita, dibuka oleh kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Kurniawan, SE, MM. Beliau berpesan kepada peserta yang jumlahnya 90 guru terdiri dari guru SMA, SMK dan Sekolah Luar Biasa se Kalimantan Timur, bahwa belajar dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Di masa digital ini sangat membutuhkan internet tetapi banyak daerah yang tidak tersedianya jaringan internet. Rumah belajar sangat membantu untuk mengembangkan platform merdeka mengajar, tetapi masih banyak akun belajar id yang belum dioptimalkan.

Pemateri kegiatan ini berasal dari Duta Teknologi Kemendikbudristek untuk perwakilan Provinsi Kalimantan Timur tahun 2021, Rizki ulfiya Rif’atul Jannah. Beliau menjelaskan bahwa Rumah Belajar Hadir untuk menyediakan sumber pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi sejak tahun 2011. Ada berbagai fitur dan konten pembelajaran bagi guru, siswa, maupun masyarakat umum secara gratis. Terbuka bagi komunitas pendidikan, organisasi profesi, organisasi masyarakat/ lembaga swadaya masyarakat bidang Pendidikan untuk memanfaatkan dan bekerjasama.

Portal Rumah Belajar dimanfaatkan sebagai sumber belajar digital (repository konten); Peningkatan kompetensi pembelajaran digital guru (PembaTIK); Evaluasi pembelajaran digital; serta layanan kelas digital pendidikan terbuka dan jarak jauh.

Fitur rumah belajar terdiri dari fitur utama dan pendukung. Di fitur utama ada Bank soal. Fitur ini menyediakan ribuan soal untuk mengases pemahaman dan kemampuan siswa yang telah dikategorikan sesuai dengan jenjang dari SD, SMP, SMA/SMK sederajat. Guru juga dapat membuat kuis atau ujian yang diperuntukan bagi siswanya masing-masing atau dibuka untuk umum.

Menu sumber belajar menyediakan berbagai macam konten sumber pembelajaran dengan media yang beragam seperti video, audio, laman multimedia interaktif. Laboratorium Maya mendukung guru untuk mendalami pemahaman terkait percobaan atau eksperimen sains yang biasanya dilakukan di laboratorium fisik. Fitur ini dapat dimanfaatkan guru sebagai suplemen atau subtitusi eksperimen fisik. Eksperimen sains merupakan aktivitas yang menarik perhatian siswa, untuk lebih mendalami pemahaman tentang fenomena sains yang abstrak. Kini, dengan Laboratorium Maya hal ini bisa dilakukan secara daring.

Menu Kelas Maya, merupakan kategori Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.

 

Buku Sekolah Elektronik (BSE) disediakan untuk memudahkan akses siswa pada buku-buku kurikulum. Buku yang ada di BSE dapat diunduh maupun dibaca secara daring dengan gratis. Bekerja sama dengan Microsoft untuk Pendidikan, Rumah Belajar menyajikan fitur untuk eksplorasi ruang angkasa. Dengan visualisasi 3D (3 Dimensi), siswa dapat melihat obyek luar angkasa seperti planet, bintang, galaxy, dan sebagainya.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Fitur ini diprioritaskan bagi Guru guna meningkatkan kompetensi diri dan profesionalisme. Melalui berbagai jenis pelatihan berjenjang secara online, diharapkan Guru dapat selalu memperbarui pengetahuan dan kompetensinya.

 

Pemateri kedua dari kapten belajar id Kalimantan timur Sasmiati, SS, M.Pd. Beliau memaparkan tentang optimalisasi akun belajar id dengan pemanfaatan platform merdeka belajar.

“Data yang di akui adalah data yang memiliki akun belajar id. Untuk akun belajar id ini bila dalam waktu 6 bulan tidak digunakan maka akun akan ditutup. Di fitur komunitas yang aktif akan mendapatkan reward dan diundang pelatihan di Jakarta,” papar bu Sasa, panggilan akrab bu Sasmiati.

Pemateri ketiga ibu Tuti Awaliyah dari (BLPT Kemendikbud Ristek) beliau juga mengupas tentang PMM, Pembatik dan Kihajar. Selesaikan modul dan aksi nyata yang ada di PMM supaya kita bisa maksimal menggunakan dan berbagi di PMM, istilahnya di ATM (ambil tiru modifikasi). Untuk pendaftaran IKM mandiri sudah ditutup tanggal 5 mei 2023. Di PMM tidak menerima file Video, hanya menerima link youtube.

Untuk kegiantan Pembatik,  Juni akan dibuka pendaftaran dan Kuis Kihajar pada bulan November. Semua dilaksanakan pada tahun 2023. Siswa yang ikut lomba harus sudah mengaktivasi akun belajar id.

 

Kontributor: Ummi Hani Farihah

Editor: Didi Purnomo

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT