A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /var/www/vhosts/smkn2balikpapan.sch.id/httpdocs/website/index.php
Line: 315
Function: require_once

Poles Metode Mengajar Mapel Kejuruan, CKS Latih Guru Model KBM Berdifferensiasi | SMK Negeri 2 Balikpapan

SMK Negeri 2 Balikpapan

Jl. Soekarno Hatta Gn. Samarinda Balikpapan

"Tiada Hari Tanpa Prestasi"

Poles Metode Mengajar Mapel Kejuruan, CKS Latih Guru Model KBM Berdifferensiasi

Kamis, 02 Desember 2021 ~ Oleh admin_web ~ Dilihat 502 Kali

In House Training (IHT) sebagai program On The Job Training 2 (OJT-2) Calon Kepala Sekolah (CKS) SMK diadakan di SMK Negeri 2 Balikpapan bertempat di Aula SMK Negeri 2 Balikpapan selama 2 hari mulai tanggal 17 - 18 November 2021 dengan tema “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Metode Pembelajaran Berdiferensiasi”. Kegiatan IHT diikuti oleh seluruh guru produktif SMK Negeri 2 Balikpapan.

Kegiatan IHT  diawali dengan sambutan Ketua Pelaksana IHT sekaligus Calon Kepala Sekolah (CKS) SMK yaitu Bapak Muhlis, M.Pd., dilanjutkan dengan sambutan  oleh Ibu Dra. Tuti Retnowati, M.M selaku pengawas SMK Negeri 2 Balikpapan, dan sambutan terakhir oleh Kepala SMK Negeri 2 Balikpapan Bapak Drs. Rusjanto, M.M sekaligus membuka kegiatan IHT.

IHT hari pertama diawali dengan Pre-test, yaitu mengerjakan soal untuk menguji tingkatan pengetahuan peserta terhadap materi yang akan disampaikan. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pemateri yaitu Ibu Siti Subaidah, M.Pd alumni guru penggerak dari SMP Negeri 3 Balikpapan.

Materi pada IHT ini adalah penyampaikan metode pembelajaran berdifferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut. Cara untuk mencari tahu karakteristik masing-masing siswa bisa dengan mengamati gaya belajar mereka. Misalnya ada siswa yang lebih tertarik pada hal yang sifatnya visual, maka cara pemberian materi dan produk hasil belajar pun diharapkan akan dalam bentuk visual. Cara lainnya bisa dengan melihat dan mengamati tugas-tugas yang sudah dikerjakan siswa. Pembelajaran berdifferensiasi fokus pada tiga hal utama yaitu produk pembelajaran, proses dan konten/materi. 

IHT hari kedua diisi dengan para peserta diminta berlatih untuk membuat sebuah konten metode pembelajaran berdifferensiasi dan pengerjaannya diberikan waktu selama 2 hari. Kegiatan IHT diakhiri dengan post test untuk mengukur kemampuan peserta yang dicapai setelah berakhirnya penyampaian materi.

Kegiatan IHT ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru dalam strategi pembelajaran berdiferensiasi agar membantu siswa meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT